-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Resep Gulai Daging Sapi Super Enak (tanpa santan)

resep gulai
Gulai Daging Sapi

Kalau biasanya gulai sering di buat dengan daging kambing, dan biasa di temukan di pedagang sate kambing, kali ini Buku resep akan membagikan resep gulai menggunakan daging sapi. Gulai ini tanpa santan namun sangat lezat dan tetap mudah untuk di buat. masakan ini sangat cocok untuk di makan bersama keluarga. berikut resep dan cara membuat gulai daging sapi:

Nutrisi per porsi:
kilokalori= 576, lemak= 32 g, jenuh= 12 g, karbohidrat= 18 g, gula= 11g, serat= 6g, protein= 46 g, garam= 0,45g.

Bahan Membuat Gulai

4 sdm minyak zaitun
700g daging sapi ( cuci bersih dan potong-potong)
30g tepung terigu
1 buah bawang bombay ukuran besar (iris tipis)
2 siung bawang putih (cincang halus)
1 paprika hijau (buang bijinya dan iris tipis)
1 buah cabai merah (buang bijinya dan iris tipis)
2 sdm pure tomat
2 sdm paprika
2 tomat besar (potong dadu)
75ml anggur putih kering (opsional)
300ml kaldu sapi (buatan sendiri  dgn air rebusan daging sapi atau dibeli di toko)
2 sdm daun peterseli berdaun pipih
150ml krim asam/asem

Cara Membuat Gulai daging sapi

cuci bersih daging sapi, potong  sesuai selera (umumnya kecil-kecil). Rebus daging sapi hingga empuk. lalu tiriskan. Panaskan 1 sdm minyak zaitun dalam panci/wajan. masukkan 700g potongan daging sapi rebus dan 30g tepung terigu, masak hingga kecokelatan, lalu sisihkan daging sapi.

LANGKAH 2
Tambahkan 1 sdm minyak ke dalam panci/wajan, diikuti dengan 1 bawang bombay besar yang diiris tipis, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 paprika hijau, dan 1 cabai merah, keduanya diiris halus. Goreng hingga lunak, sekitar 5-10 menit.

LANGKAH 3
Kembalikan daging sapi ke dalam wajan dengan 2 sdm pure tomat dan 2 sdm paprika. Masak, aduk selama 2 menit.

LANGKAH 4
Tambahkan 2 tomat potong dadu besar, anggur putih kering 75ml (opsional), dan kaldu sapi 300ml. Tutup dan panggang dalam oven selama 1 jam 30 menit - 2 jam. Cara lainnya, tutup dan masak di atas kompor dengan api kecil selama sekitar satu jam, buka tutupnya setelah 45 menit.

LANGKAH 5
Taburkan 2 sdm daun peterseli dan bumbui dengan garam dan merica yang baru digiling. Masukkan krim asam 150ml dan sajikan.


Catatan:
Krim Asam: Krim asam adalah sebuah produk susu yang kaya akan lemak, krim asam dibuat dengan cara fermentasi krim dengan berbagai macam bakteri asam laktik.

Pure Tomat: Tomat purée adalah cairan kental yang dibuat dengan memasak dan menyaring tomat. Perbedaan antara pasta tomat, tomat purée, dan saus tomat adalah konsistensi; pure tomat memiliki konsistensi yang lebih tebal dan rasa yang lebih dalam dari saus.

Anggur putih kering (dry white wine}: Anggur putih kering adalah anggur putih yang tidak manis. anggur ini lebih sering digunakan untuk memasak.

Tentang Gulai

Gulai adalah salah satu kuliner khas indonesia yang sering kita temui di banyak rumah makan terutama di penjual sate kambig. masakan yang satu ini biasanya berbahan daging atau tulang kambing, namun ternyata bukan hanya daging kambing, gulai juga banyak di buat menggunakan bahan daging lain bahkan ikan. Bahan pada gulai selain daging kambing di antaranya adalah daging ayam, daging sapi, jeroan, ikan laut, bahkan ada yang hanya menggunakan sayuran saja seperti nangka muda dan daun singkong. Kuah gulai juga bermacam macam ada yang cukup bening dan encer  namun ada juga yang kental. takhanya tekstur warna kuah juga ada yang kuning dan ada juga yang sedikit coklat.
Hampir di setiap daerah di indonesia memiliki resep gulai yang berbeda beda. ada yang menggunakan santan ada juga yang tidak, ada yang berwarna kuning ada juga yang berwarna coklat dan kental. namun secara umum bumbu gulai hampir sama di setiap daerah yakni kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe,  pala, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Secara internasional makanan ini lebih sering disebut sebagai kari indonesia karna memang jika dilihat secara sekilas ada jenis gulai yang sangat mirip dengan kari.

Menurut Arie Parikesit, yang merupakan seorang pakar kuliner, (dikutip dari kumparan), Gulai mulai muncul dan berkembang di wilayah Sumatera. Dalam perkembangannya gulai cukup banyak mendapat pengaruh dari India, namun untuk rasa masakan diubah menyesuaikan masyarakat lokal yakni dengan menambah aneka bumbu dan rempah khas Nusantara. Isian gulaipun juga dirubah, Dalam isian gulai banyak ditambahkan daging dan sayuran khas indonesia.

Gulai kemudian meluas dan tersebar hingga ke Pulau Jawa. Di pulau Jawa, gulai juga mengalami cukup banyak perubahan, kuah gulai berubah menjadi lebih encer hingga menggunakan tambahan kecap atau gula merah.

Baca Juga

1 komentar

  1. Sy akan coba semuahnya karena sy pling suka makan mas akan odang, dan cicang sapi enak btl. Trima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar