-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Cara Membuat Donat Super Empuk (mengembang sempurna)

cara membuat donat
Donat Super Empuk
Donat adalah salah satu makan favorit bagi banyak orang baik anak anak maupun orang dewasa. kita juga bisa menemukan penjual donat mulai dari pinggir jalan sampai ke restoran dan kafe terkenal. Banyak orang juga mencoba untuk membuat donat sendiri dirumah, karena selain mudah di buat donat juga terkenal sangat enak. 

Tapi taukah anda cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna, atau donat seperti punyanya JCO!. Kali ini Buku resep akan membagikan cara membuat donat sederhana namun memiliki rasa yang sangat lezat dan empuk. Berikut adalah cara membuat donat:

Bahan Membuat Donat

490g tepung terigu serbaguna
1 sdt ekstrak vanila murni / bubuk vanila (di indonesia dikenal Vanili)
240ml susu murni, hangatkan hingga kurang lebih 43°C (susu murni/buttermilk)
86g mentega tawar (lelehkan)
1 sdm ragi kering / pengembang kue
65g gula pasir
2 butir telur ayam
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1 - 2 liter minyak goreng

Toping Donat
1/2 sdt ekstrak vanila murni / bubuk vanila (di indonesia dikenal Vanili)
80ml krim kental atau susu murni (bisa menggunakan susu kental manis)
240g gula pasir halus (bubuk gula)

Cara Membuat Donat

LANGKAH 1 (Membuat adonan donat)
Masukkan susu (hangat), ragi, dan gula ke dalam mangkuk atau mixer lalu kocok sampai tercampur rata. Tutup dan biarkan selama 5 menit. (setelah 5 menit akan mulai muncul busa di atasnya. Jika tidak, anda bisa coba menunggu sedikit lebih lama, atau tambahkan sedikit ragi lalu kocok dan diamkan kembali
.
LANGKAH 2
Masukkan dan canpur ke dalam mangku, telur, mentega, vanili, pala, garam, dan 245g tepung terigu, lalu kocok hingga merata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah (anda juga bisa menggunakan alat manual) selama  kurang lebih 1 menit. Tambahkan tepung yang tersisa secara perlahan dan kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan menyatu dan tidak menempel pada sisi mangkuk (kalis), sekitar 2 menit.

LANGKAH 3
Uleni adonan: Uleni adonan menggunakan mixer atau tanagan selama kurang lebih 2 menit (anda bisa menambahkan sedikit tepung di permukaan adonan agar tidak lengket di tangan)

LANGKAH 4
Biarkan Adonan Mengembang: Letakkan adonan di dalam mangkuk (tambahkan minyak atau tepung di lapisan mangkuk agar adonan idak lengket ke mangkuk). Tutupi mangkuk dengan aluminium foil/plastik/penutup lain. Biarkan adonan disuhu ruangan (sedidkit hangat) selama 1,5-2 jam atau hingga ukurannya mengembang dua kali lipat.

LANGKAH 5
Bentuk Donat: Setelah adonan mengembang, uleni/tekan-tekan sebentar adonan untuk mengeluarkan udara di dalam adonan. keluarkan adonan dari mangkuk, lebarkan adonan di atas nampan atau meja dengan tebal 1/2 inci. Menggunakan pemotong donat berukuran 3-3,5 inci, cetak menjadi 12 donat. (gulung dan lebarkan kembali sisa adonan yang tidak tercetak lalu cetak kembali).

LANGKAH 6
Siapkan loyang/nampan lalu lapisi dengan kertas roti. Tempatkan donat dan tutup menggunakan plastik atau penutup lain dan diamkan sebentar sembari anda menyiapkan minyak goreng (adonan akan kembali sedikit mengembang)

LANGKAH 7
Tuang minyak ke dalam wajan besar dengan api sedang. Panaskan minyak sampai 191° C. Masukkan donat satu persatu dan masak selama 1 menit di setiap sisi. Setelah donat berubah menjadi keemasan, angkat dn tiriskan.

LANGKAH 8 (Membuat toping donat)
Kocok semua bahan toping menjadi satu. Celupkan setiap donat hangat (jangan menunggu hingga dingin) Ke dalam toping. Anda dapat memberikan toping pada satu atau kedua sisi donat, lalu tiriskan kembali hingga dingin (saat dingin toping akan mengeras). Donat empuk dan lezat siap di sajikan.


Catatan dan Tips Memasak Donat:

Tips menyimpan adonan donat (pembekuan): Lakukan proses pembuatan donat sampai tahap 5. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan. anda bisa menyimpannya dan saat ingin mengorengnya, diamkan adonan pada suhu suang (hangat) selama sekitar 4-5 jam lalu goreng sesuai petunjuk selanjutnya. Anda juga bisa membekukan donat setelah di goreng (tanpa toping). Setelah di goreng tiriskan donat dan tunggu hingga dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas (dapat bertahan hingga 3 bulan). Saat ingin memakannya, cairkan / letakkan di suhu ruang hingga suhu kembali normal (sama dengan suhu ruang), lalu panaskan kembali, bisa di goreng atau menggunakan microwive. Celupkan ke dalam toping dan siap disajikan.

Menyimpan adonan selama semalam: Jika anda ingin menggoreng donat keesokan harinya, berikut cara menyimpannya. Selesaikan adonan sampai langkah 3. Letakkan adonan yang tertutup ke dalam lemari es dan diamkan. Keesokan paginya saat ingin di goreng, keluarkan adonan dari lemari es dan biarkan berada di lingkungan yang hangat hingga adonan mengembang dua kali lipat (adonan biasanya juga akan sedikit mengembang saat di lemari es). Lanjutkan proses ke langkah 5.

Membuat adonan empuk: untuk membuat adonan empuk, anda wajib menggunakan susu murni atau buttermilk.

Ragi: Gunakan ragi instan agar waktu mengembang lebih cepat.

Minyak: Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng, setidaknya sampai donat dapat mengapung. 

Baca Juga

Posting Komentar