-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Resep Ayam Bakar Teflon (Sederhana, bumbu ungkep / oles)

resep ayam bakar teflon bumbu ungkep dan oles
Ayam Bakar Teflon
Salah satu menu wajib yang paling sering di masak saat teman atau keluarga berkumpul baik saat liburan atupun tahun baru adalah ayam bakar. Selain mudah di buat membuat ayam bakar juga menimbulkan sensasi asik tersendiri karena semua orang yang berkumpul bisa ikut masak bersama-sama. 

Namun masih banyak di antara kita yang belum tahu bagaimana cara membuat ayam bakar yang enak terutama mengenai bumbu. Ada orang yang hanya menambahkan kecap, garam atau mentega, tidak salah memang, namun kali ini buku resep akan membagikan resep spesial yang akan membuat ayam bakar kamu menjadi super enak. Berikut adalah resep ayam bakar teflon bumbu ungkep dan bumbu oles: 

Bumbu Ayam Bakar

1 kg ayam atau 10 potong kecil ayam (cuci bersih)
5 cabe rawit (bisa ditambah sesuai yingkat kepedasan)
6 cabe keriting (bisa ditambah sesuai tingkat kepedasan)
7 siung bawang merah
10 siung bawang putih
4 kemiri
1 sdm ketumbar
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 batang sere (digeprek)
2 sdm kecap manis
Garam (secukupnya)
Gula pasir (secukupnya)
Penyedap rasa (secukupnya) (opsional)
Mentega (opsional)
100 ml Air putih
Minyak goreng (untuk menumis)

Cara Membuat Ayam Bakar (Bumbu Ungkep dan Oles)

Bumbu ungkep ayam bakar

    LANGKAH 1
    Siapkan ulekan atau blender. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe keriting, cabai rawit, kemiri, ketumbar, jahe dan kunyit.

    LANGKAH 2
    Panaskan sedikit minyak goreng pada wajan dan tumis bumbu yang tadi di haluskan sampai harum. Setelah harum kecilkan api kompor.

    LANGKAH 3
    Masukkan ayam kedalam wajan, tambahkan air, garam, gula, penyedap rasa, kecap manis dan batang sere. Aduk sampai merata. Atur api menjadi sedang, tutup wajang dan tunggu kurang lebih 5 menit sampai air di dalam wajan menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.Tidak perlu sampai ayam matang karna nanti akan di bakar, namun bisa di buat setengah matang agar saat proses pembakaran menjadi lebih cepat.

    LANGKAH 4
    Siapkan teflon (bisa diganti alat bakar lain), jika menggunakan teflon bisa diolesi sedikt mentega agar permukaan ayam menjadi sedikit krispi dan gurih. Letakkan ayam di atas teflon dan mulai memanggang. Selama memanggang cukup 2 atau 4 kali saja ayam di balik dan tunggu sampai ayam matang sempurna. Pindahkan ayam ke piring dan ayam siap di sajikan.

    Bumbu oles ayam bakar

    LANGKAH 1
    Lakukan proses seperti langkah 1 pada bumbu ungkep, yaitu haluskan bawang putih, bawang merah, cabe keriting, cabai rawit, kemiri, ketumbar, jahe dan kunyit.

    LANGKAH 2
    Anda bisa memilih antara bumbu ditumis atau tidak. Tapi bumbu di tumis lebih direkomendasikan karena rasa dan aroma bumbu akan keluar dan mudah meresap pada daging ayam. Jika memilih ditumis maka tumis bumbu seperti langkah 2 pada bumbu ungkep, namun langsung ditambahkan garam, gula, kecap manis, penyedap rasa dan batang sere lalu ditumis sampai harum. Setelah harum tambahkan sedikit air, aduk rata dan tunggun kurang lebih 1 menit lalu matikan kompor. Pindahkan bumbu ke mangkuk atau piring.

    LANGKAH 3
    Siapkan teflon atau alat panggang lain. Celupkan ayam ke dalam bumbu dan mulai memanggang ayam di atas panggangan. Setiap membalik ayam oleskan bumbu menggunakan kuas. setelah semua sisi ayam matang. letakkan ayam panggang di piring saji. Ayam bakar siap di sajikan.

Baca Juga

Posting Komentar