-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Resep Ayam Geprek (Paling Banyak Disukai)

cara membuat ayam geprek
Ayam Geprek

Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam geprek!. Saat ini hampir disetiap kota di indonesia ayam geprek sudah menjadi salah satu makanan favorit pecinta kuliner. Ayam geprek sendiri artinya adalah ayam yang dalam penyajiannya di geprek alias di pukul atau ditumbuk dengan sambah, tujuannya agar sambal meresap sampai ke bagian dalam daging ayam. Selain rasanya yang enak sebagian penjual dalam menyajikan ayam yang satu ini juga sangat unik, yaitu dengan cara memukul atau mengeprek ayam dengan suara yang keras sampai pelanggan kaget.

Tak hanya rasa ayamnya saja yang enak sambal Geprek pun memiliki banyak jenis, ada sambal ijo, saus mata, sambal trasi dll. Setiap penjual memiliki samal handalan mereka sendiri-sendiri. Tapi kali ini Buku resep akan membagikan Resep Ayam Geprek yang paling banyak di sukai dan di cari. Berikut adalah cara
memasak ayam geprek spesial:

Bumbu Ayam Geprek (2 porsi)

2 Potong ayam (cuci bersih)
1 Butir telur
3 Siung bawang putih
Merica secukupnya (dihalurkan / pakai bubuk merica)
5 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena
1/2 Liter Minyak goreng
1 Batang daun kemangi
Garam (secukupnya)

Bahan Sambal Ayam Geprek:
22 Buah cabe rawit  (atau sesuai tingkat kepedasan yang di inginkan)
Garam (secukupnya)
2 Siung bawang putih, digoreng

Cara Membuat Ayam Geprek

LANGKAH 1 (Memasak Ayam)
Masukkan ayam dalam mangkuk. Tambahkan bawang putih halus, bubuk merica, dan garam.
Ratakan bumbu  dengan cara meremas-remas ayam, pastikan bumbu tercampur rata dan teresap. Tinggalkan selama kurang lebih 2 jam agar bumbu meresap dengan baik (anda juga bisa menambahkan penyedap rasa jika anda biasa memakainya)

LANGKAH 2
Siapkan 1 butir telur, kocok telur dan laburkan / oleskan keseluruh daging ayam. Siapkan tepung terigu dan tepung maizena, campurkan kedua tepung. Maasukkan ayam yang telah dilumuri telur. Pastikan semua permukaan ayam tertutupi tepung. ( anda juga bisa menambahkan garam atau penyedap rasa pada tepung)

LANGKAH 3
Siap kan wajan dan panaskan minyak goren. Masukkan ayam dan goreng ayam dengan api sedang agar ayam matangsempurna. Goreng sampai berubah warna menjadi kuning keemasan lalu balik perlahan. Setelah semua bagian matang, tiriskan ayam.

LANGKAH 4 (Membuat sambel ayam geprek)
Untuk membuat sambel: Masukkan bawang putih yang telah di goreng (bawang putih di goreng kurang lebih 1 -2 menit), cabe,dan  garam. Ulek sampai halus. Setelah sambel halus tambahkan 2 sendok minyak goreng panas bekas menggoreng ayam sebelumnya.

LANGKAH 5
Letakkan ayam pada cobek sambal, lalu geprek atau tumbuk pakai ulekan. letakkan sambal pada atas ayam lalu tumbuk perlahan. Setelah sambal cukup merata pada ayam dan bentuk ayam cukup hancur pindahkan ayam ke piring. Ayam geprek spesial siap disajikan.

Tentang ayam geprek

Ayam geprek adalah salah satu olahan ayam yang saat ini banyak disukai, terutama masyarakat indonesia. Takhanya ayam geprek olahan ayam lain seperti ayam kecap, ayam goreng sampai soto ayam juga menjadi daftar makanan yang paling banyak di sukai masyarakat indonesia. kita bisa melihat ini dari banyaknya penjual yang menjajakan makanan tersebut, baik pedagang kaki lima sampai restoran bintang lima. Ayam geprek sendiri tergolong kuliner yang baru sebelumnya juga sempat viral mengenai ayam sambel ijo , ayam pop dan lainnya. 

Ada cukup banyak olehan daging ayam yang menjadi viral dan di favoritkan banyak orang, karena selian memang rasanya yang enak, harga yang reltif murah juga menjadi penentunya. Namun jangan beranggapan olahan ayam hanya terkenal di indonesia, karena di banyak negara ayam menjadi salah satu makanan yang paling banyak di cari. Di beberapa negara seperti korea misal, ada banyak penjual ayam goreng dan bedanya dengan di indonesia, di korea masyarakatnya cenderung memakan ayam goreng sebagai camilan (tanpa nasi dan sayur) dan hanya ditemani jajanan lain, seperti tteokbokkii ataupun minuman bir.

Sementara itu ayam geprek sendiri mulai populer di indonesia sejak 2017. Asal mula ayam geprek bermula di kota jawa lebih tepatnya di daerah Yogyakarta. Pada tahun 2003, Bu Rum yang merupakan seorang pedagang makanan diminta oleh pelanggannya untuk menambahkan sambal ulek di atas ayam goreng tepungnya. Alhasil hidangan ayam goreng tepung bercampur sambal tersebut banyak disukai dan mulai dikenal banyak orang, setelah itu banyak restoran yang mulai meniru olahan tersebut hingga pada 2017 ayam geprek mulai di kenal masyarakat luas.

Baca Juga

Posting Komentar