-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Batagor Sepesial Khas Bandung

Batagor Sepesial Khas Bandung

  Bagi penduduk jawa barat khususnya warga Bandung siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas nya yang satu ini yaitu Batagor, iya selain terkenal dengan rasanya yang gurih, kenyal dan pastinya enak dong.. Batagor sendiri bagi warga bandung memiliki sejarah dan memiliki makna tersendiri.


Nah.. pada kesempatan kali ini Mimin Masakan Boenda ingin berbagi resep membuat Batagor khususnya buat sahabat yang pengen buat tapi belum tahu caranya terlebih lagi buat sahabat yang berasal diluar dari jawa barat seperti mimin ini hehe..

Sebelum memulia sebaiknya kita persipkan dulu bahan-bahannya, mulai dari bahan batagor, bumbu kacang dan bumbu dasaranya. Untuk bahan-bahannya sendiri cukup mudah didapat kok hehe.. Alhamdulilah..

Berikut untuk bahan-bahannya ya:

Bahan-bahan batagor :
1. Air panas secukupnya
2. 250 gram tepung kanji
3. 100 gram tepung terigu
4. Tahu Secukupnya
5. 1 butir telur
6. 2 batang daun bawang diiris

Bahan-bahan bumbu kacang :
1. 100 gram kacang tanah digoreng dan haluskan
2. 1 buah cabai merah besar
3. 4 butir kemiri yg digoreng
4. 2 siung bawang putih
5. 4 siung bawang merah

Bumbu dasar:

Gula, garam, penyedap dan merica secukupnya

Cara membuat :
1. Batagor:
- Gabungkan tepung kanji,tepung terigu, daun bawang dan bumbu: garam, merica dan penyedap secukupnya kemudian kasih air panas sedikit demi sedikit aduk-aduk sampai tercampur rata dan masukan telur, aduk adonan sampai kalis jangan lupa tes rasa, sekiranya kuarang asin atau amnis yo.. ditambah garam atau gula hehe..


- Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan lalu pipihkan tengah nya lalu masukan tahu dan rekatkan, bentuk bebas sesuai selera ya..
-Goreng adonan yang sudah di bentuk sampai matang tadi, setelah matang angkat dan tiriskan sampi semua adonan semua habis..

2. Bumbu kacang:
- Goreng kacang tanah hingga berwarna kecokelatan dan setelah digoreng lalu haluskan dengan cara di tumbuk/di blender.. (lebih baik sih.. ditumbuk aja lebih enak hehe)
- Haluskan semua bumbu
- Kemudiantumis bumbu yang di haluskan sampai harum, setelah harum masukan kacang tanah yng sudah dihaluskan dan air secukupnya lalu aduk-aduk sampai tercampur rata beri kecap dan bumbu: gula, garam, merica dan penyedap secukupnya ya.. Masak sampai matang sampai bener-bener tercium aroma sedap…

Penyajian:
- Siapkan piring sebagai wadah ya..
- Potong-potong batagor sesuai selera dan masukan ke dalam piring
- Masukan bumbu kacang dan kecap
- tambahkan toping sesuai selera misalnya timun yang sudah dipotong
- Batagor siap di sajikan dan siap disantap.. wah enak ya..

 ( kalo suka pedas boleh di tambah saos sambal)

 

Mudah kan caranya temen-temen, ya pasti yang penting kita mau berusaha pasti bisa meski belum pernah buat sebelumnya.. Buta temen-temen yang sudah mencobanya jangan lupa tinggal kan pesan di kolom komentra ya dan kalu dirasa ini bermanfaat boleh share ya..

Terimakasih

Mimin Masakan Boenda


Baca Juga

3 komentar

Posting Komentar

close