-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Martabak Pandan Teflon


Martabak Pandan Teflon

Assalamualaikum

Hallo sobat boenda, hari ini saya mau bikin cemilan buat dirumah nih, yang manis-manis apa ya, oh iya bikin martabak pandan aja deh 😁, cara memasaknya beda ini Bun, yaitu dengan menggunakan teflon, tapi hasilnya tetap cantik ya bun, dan rasanya juga enak banget, yuk kepoin resep dan cara buatnya , biar sobat boenda dirumah tau gimana rasanya ,  pasti ketagihan deh πŸ˜‹πŸ˜

Berikut resep dan cara buatnya yah πŸ‘‡πŸ˜Š


Martabak Pandan Teflon

By Masakan Boenda


πŸ‘‰Bahan A:

- 250 gram tepung terigu pro sedang/ segitiga biru

- 45 gram gula pasir

- 1/2 sdt garam

- 1/4 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt Pasta pandan

- 1 butir telur gunakan telur uk. sedang

- 250 ml air(tuang sedikit demi sedikit)


πŸ‘‰Bahan B:

- 1/2 sdt soda kue

- 1/2 sdt baking powder, saya BPDA

- 50 ml air untuk melarutkan baking powder & baking soda


πŸ‘‰Bahan C:

- 1/2 sdm gula pasir untuk taburan

- Mentega sebagai olesan setelah matang

- Topping sesuai selera 

πŸ‘‰Cara membuat:

- Campur semua bahan A, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk (kurang lebih 10 menit) saya aduk pakai whisker.

- Tutup adonan dengan kain atau plastik wrap, istirahatkan adonan minimal 1 jam, tadi saya istirahatkan 2 jam di suhu ruang.

- Larutkan baking powder dan baking soda dengan air 50 ml, kemudian masukkan ke dalam adonan aduk hingga benar benar rata.

- Panaskan teflon dengan api sedang cenderung kecil selama 2 menit, lalu kecilkan api dan biarkan panas teflon stabil kurang lebih 2 menit

- Tuang adonan, bentuk bagian pinggir dengan sendok sayur pelan-pelan dan jangan terlalu ditekan, besarkan sedikit api (jangan terlalu besar) tunggu hingga gelembung-gelembung keluar semua, kemudian kecilkan api kembali

- Taburi gula pasir sedikit sedikit tepat diatas gelembung yang mulai membesar 

- Setelah hampir semua gelembung pecah, tutup teflon masak selama kurang lebih 1-2 menit dengan api sangat kecil sampai martabak matang permukaan benar benar kering

- Sisir tepi tepi teflon dengan spatula tahan panas jangan disisir dengan pisau (supaya teflon tidak rusak)

- Angkat & olesi permukaan martabak dengan mentega selagi panas

- Beri toping sesuai selera, potong jadi 2 dan lipat. Oles kembali kulit martabak dengan mentega.

- Martabak siap untuk dinikmati selagi hangat ataupun dingin


NB:Saya pake teflon 18 cm, 3x panggang,

Ukuran 22/ 24 cm bisa 2x panggang.

Semoga resep ini bermanfaat ya Bun, dan selamat mencoba dirumah ya πŸ’›


Baca Juga

Posting Komentar