-->
Selalu Patuhi Protokol Kesehatan ya!

Translate

Asam Padeh Ikan Patin Khas Padang

 


Assalamualaikum


Hallo sahabat boenda, menu hari ini masak asam padeh ikan patin khas padang. Seperti biasa saya akan berbagi resep sekaligus cara membuatnya untuk sahabat boenda dirumah. Jadi bagi sahabat boenda yang penasaran apa saja resep dan bagaimana cara membuatnya, boleh lansung cek dibawah ya 👇👇

Asam padeh ikan patin merupakan salah satu jenis masakan nusantara berasal dari daerah padang sumatra barat. 

Ikan patin adalah jenis ikan yang banyak dan mudah dijumpai di indonesia. Jenis ikan ini biasanya dijual dengan berbagai ukuran, dari ukuran sedang hingga berukuran besar. Rasa ikan patin yang gurih, lezat, lembut dan kaya dengan nutrisi banyak digemari oleh banyak orang. 

Salah satu ciri khas olahan ikan patin dari asam padeh khas padang adalah rasa yang manis, asam, dan pedas. Kombinasi dari tiga rasa tersebut bisa kita cicipi mulai dari kuahnya yang kental dan coklat kekuningan, hingga kesemua bagian daging. Daging ikan patin yang lembut akan tetap utuh  namun rasanya sangat meresap. Bahkan beberapa orang bisa memasak hingga tulangnya sangat lunak tanpa merusak tekstur daging.

Berikut ini resep dan cara membuat asam padeh ikan patin khas padang dari Masakan Boenda


Asam padeh ikan patin

By Masakan Boenda


Bahan:

1. 1 kg ikan patin,yang sudah dipotong dan dibersihkan


Bahan bumbu halus:

1. 10 buah cabe merah keriting

2. 10 buah cabe rawit merah

3. 8 siung bawang merah

4. 3 siung bawang putih

5. 1 ruas kunyit

6. 1 ruas jahe

7. 2 buah tomat


Bahan untuk cemplung:

1. 1 lembar daun kunyit

2. 2 lembar daun jeruk

3. 2 buah asam kandis ukuran besar

4. 1/2 ons lengkuas geprek

5. 1 batang sereh, digeprek

6. Garam secukupnya

7. Penyedap rasa secukupnya

8. Air secukupnya


Cara membuat:

1. Pertama haluskan semua bahan bumbu halus dengan cara diulek atau diblender.

2. Selanjutnya siapkan wajan dan masukkan semua bumbu halus kedalam wajan dan masukkan juga semua bahan cemplung,kemudian tambahkan air secukupnya, aduk hingga rata. Tunggu sampai mendidih. (gunakan api sedang)

3. Jika sudah mendidih agak lama baru kita masukkan ikan patin, aduk secara perlahan kuahnya agar daging ikannya tidak hancur. Kemudian kita tambahkan garam, dan penyedap secukupnya, aduk lagi kuahnya secara perlahan hingga merata, jangan lupa cicipi rasa. Tunggu hingga mendidih dan airnya sedikit menyusut dan matang. Jika sudah boleh diangkat dan sajikan.


Semoga resep ini bisa bermanfaat ya sahabat boenda, jangan lupa like, coment, dan share ya agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih. .💓💓



Baca Juga

Posting Komentar

close