Cara Yang Mudah Membuat Ayam Penyet Dirumah

Cara Yang Mudah Membuat Ayam Penyet Dirumah



Assalamualaikum


Hallo sahabat boenda, kali ini saya dari Masakan Boenda lagi pengen makan ayam penyet nih. . Sahabat boenda ada gak ya yang lagi pengen juga 😍😍 karena saya lagi pengen makan ayam penyet, saya putuskan untuk membuatnya saja dirumah, wuaahh ternyata enak dan nikmat bangett. . 😋😋 jadi pengen bikin teruss. . 

Sahabat boenda ada yang penasaran gak gimana sih cara buatnya?

Cara buatnya mudah kok Bun, jika boenda pengen tau lansung cek dibawah ya. . 👇👇 saya sudah membagikan resep sekaligus cara buatnya. . 

Bicara tentang ayam penyet, makanan ini yang sekarang udah ada dimana-mana loh, kalau di indonesia makanan ini sudah menjadi salah satu makanan tervaforit banyak orang. Makanan ini juga mudah ditemui di warung, pedagang kaki lima, hingga restoran. 

Ayam penyet adalah hidangan ayam goreng indonesia,khususnya jawa, yang terdiri dari ayam goreng yang diulek memakai ulekan untuk melembutkannya. Ayam penyet juga disajikan dengan sambal, potongan timun, tahu goreng, tempe dan beberapa sayuran lainnya. 

Berikut ini resep dan cara membuat ayam penyet dari Masakan Boenda


Ayam penyet

By Masakan Boenda


Bahan:

1. 4 buah paha ayam


Bahan bumbu halus:

2. 1/4 sdt ketumbar

3. 1/4 sdt merica

4. 1 sdm gula pasir

5. 2 lembar daun jeruk

6. 1 buah sereh

7. 4 siung bawang putih

8. 1 ruas lengkuas ukuran sedang

9. 1 ruas jahe ukuran sedang

10. 1 ruas kunyit ukuran sedang

11. 2 lembar daun salam

12. Kaldu bubuk secukupnya

13. Garam secukupnya


Bahan sambal:

1. 10 buah cabe merah keriting

2. 1 buah tomat

3. Cabe rawit secukupnya atau sesuai selera

4. 5 siung bawang merah

5. Gula merah secukupnya

6. Terasi secukupnya

7. 2 siung bawang putih

8. 1 buah jeruk nipis


Cara membuat;

1. Pertama haluskan merica,ketumbar, garam, kunyit, jahe, dan bawang putih dengan diulek atau di chopper. Kemudian memarkan lengkuas dan sereh. 

2. Selanjutnya kita panaskan air sampai mendidih, jika airnya sudah mendidih masukkan bumbu yang tadi kita haluskan, daun jeruk, dan daun salam. Aduk hingga merata, kemudian masukkan ayam, tunggu hingga matang, masukkan juga rayco ayam secukupnya, gula pasir. Aduk kembali hingga rata.

3. Setelah matang ayamnya lansung kita angkat dan matikan apinya,diamkan sebentar. Selanjutnya panaskan minyak untuk menggoreng ayam, jika minyak sudah panas masukkan ayam, goreng ayamnya hingga berwarna kuning kecoklatan atau matang. Angkat dan tiriskan.

4. Kemudian panaskan sedikit minyak goreng, masukkan cabe,bawang putih ,bawang merah, tomat, dan terasi. Goreng hingga layu,jika sudah layu angkat dan tiriskan. 

5. Selanjutnya haluskan cabenya dengan cara diulek, boleh juga diblender. Jangan lupa juga masukkan gula merahnya, ulek sampe halus. Terakhir masukkan air perasan jeruk nipis, ratakan. 

6. Geprek ayam diatas ulekkan sambal tadi, dan ayam penyet sudah siap untuk disajikan.


Semoga resep ini bisa bermanfaat ya sahabat boenda, dan jangan lupa dilike, coment,dan share ya. . Tujuannya agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih. . 💓💓


Anda mungkin menyukai postingan ini